
HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN PUBLIK
Berdasarkan laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 2025 di lingkungan KPU Kabupaten Mamuju Tengah, dapat disimpulkan hal-hal berikut:
- Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan publik KPU Kabupaten Mamuju Tengah memperoleh nilai 79,37 yang termasuk kategori Baik (B).
- Unsur pelayanan dengan nilai tertinggi adalah Biaya/Tarif (3,42), menunjukkan bahwa pelayanan di KPU Kabupaten Mamuju Tengah tidak pernah mengenakan Biaya/Tarif dalam pelayanan.
- Unsur dengan nilai terendah adalah Sarana dan prasarana (2,90), sehingga menjadi perhatian khusus untuk peningkatan sarana dan prasaran demi kenyamanan pelayanan.
- Beberapa unsur lain yang memperoleh nilai cukup baik namun masih perlu ditingkatkan antara lain:
- Mekanisme/prosedur (3,16) → Berjalan cukup optimal dan seusai SOP.
- Persyaratan (3,43) → Sudah disederhanakan atau dipermudah sesuai regulasi yang berlaku.
- Produk layanan (3,14) → kualitas layanan dipertahankan melalui evaluasi rutin.
- Kompetensi pelaksana (3,22) → peningkatan kapasitas petugas melalui pelatihan.
- Perilaku petugas (3,20) → keramahan dan kesopanan terus ditanamkan.
- Waktu (3,12) → Kecepatan layanan cukup optimal.
- Penanganan pengaduan (3,22) → tetap ditingkatkan melalui evaluasi dalam rapat pleno rutin.
- Tindak lanjut rekomendasi perbaikan akan dilaksanakan pada semester II tahun 2025 dengan target capaian 100%.
Bagikan:
Telah dilihat 25 kali